Jumat, 08 Maret 2013

Cara Membuat Blog di Blogger

isi sesuka anda


Mungkin anda pernah mendengar istilah website, ya blog merupakan sebuah website namun dalam bentuk yang lebih sederhana dan mudah di atur oleh pemula. Menurut Wikipedia blog adalah aplikasi web yang bisa memuat tulisan gambar maupun video.


Manfaat, fungsi, dan kegunaan blog :

1. Sebagai sarana ekspresi diri

Biasanya ini dipergunakan individu yang ingin mencurahkan segala uneg-uneg, ide dan gagasan yang mungkin tidak bisa tersalurkan secara nyata. Maka dari itu dengan ngeblog, segala macam dan gagasan tersebut bisa dicurahkan dalam sebuah tulisan di blog.

2. Sebagai media dan wahana berlatih menulis
 
Sesorang yang terbiasa mebuat sebuah artikel di blog, tentu akan mereview kembali hasil postingannya. Dari situ dia bisa mengedit tulisannya yang barangkali ada kekurangan dalam hal tata bahasa dan lainnya. Seseorang yang terbiasa menulis tentunya juga pada proses selanjutnya akan dengan mudah membuat tulisan yang lebih berkualitas.

3. Sebagai sarana promosi
 
Berbagai macam cara ditempuh seseorang dalam memperkenalkan suatu produk barang atau jasa, tidak terkecuali dengan media internet dan membuat blog. Tidak sedikit pula artis dan selebritis juga membuat blog agar lebih tenar. Dan trend saat ini berkenaan dengan masalah politik, yaitu dalam upaya kampanye calon-calon kepala daerah, partai politik amaupun calon anggota legislatif.

4. Blog sebagai sumber penghasilan utama dan tambahan
 
Tidak sedikit blogger (sebutan untuk seorang yang menekuni dunia blog) yang sukses yang mampu mendapatkan keuntungan finansial hanya dengan nge blog. Ratusan bahkan ribuan dollar mengalir ke kantong mereka tiap bulannya. Tak sedikit pula orang yang mengandalkan blog sebagai gantungan hidup. Banyak cara mendapatkan uang dengan ngeblog. Misalnya Google adsense, iklan PPC pay per click, maupun penayangan iklan produk dan jasa di blog.

Pada tutorial kali ini saya akan memberikan langkah-langkah pembuatan blog dengan blogger.com. Yang nantinya bernama seperti "namablog.blogspot.com".

Yuk kita simak sama-sama tutorial bergambar langkah dan cara membuat akun dan blog di blogger.
  • Pertama, pastikan Anda memiliki akun google mail (ex: jaje@gmail.com), karena untuk bikin blog di blogger harus memakai email google. Jika belum punya akun email Google silakan buka artikel cara membuat account gmail
  • Jika sudah punya email di google, sekarang masuk ke blogger.com, Maka akan muncul seperti gambar di bawah ini, Masukkan alamat email gmail dan password sandi akun gmail anda ke kotak yg ada. Klik "Sign in"




  •  Pada halaman selanjutnya isikan data yang diminta atau boleh juga dikosongkan, lalu klik "Save and continue"



  •  Pada halaman selanjutnya ganti bahasanya menjadi bahasa yang anda inginkan agar tidak bingung, lalu klik "Lanjutkan ke Blogger"

 


  • Pada halaman selanjutnya ganti lagi bahasanya menjadi bahasa yang anda inginkan, lalu klik "Blog Baru"
 





  • Selanjutnya tentukan judul blog dan alamat blog kalian. Misal judulnya  : Blog Percobaan, alamat blognya percobaan.blogspot.com. Jika alamat blognya tidak tersedia (berarti sudah ada yang memakainya), ganti alamat blog tersebut dengan alamat lain. Jika sudah ditentukan dan alamat blog tersebut tersedia (belum ada yang memakainya) lanjutkan dengan mengklik "Buat Blog!".




  •  Selamat, blog baru anda sudah selesai di buat! Selanjutnya postinglah sebuah artikel atau apapun untuk mengisi blog anda agar tidak kosong. Untuk melakukannya klik gambar yang dilingkari merah seperti gambar di bawah 




  •  Petunjuk pembuatan postingan :
          No.1   : adalah judul dari postingan/artikel anda
          No. 2  : adalah isi dari artikel anda
          No. 3  : adalah tombol untuk melihat bagaimana hasil postingan tersebut di blog anda
          No. 4  : adalah tombol untuk mempublikasikan/menyebarluskan postingan anda, sehingga
                       orang lain juga dapat melihatnya





  • Jika anda mengklik tombol no. 3 "pratinjau" hasilnya adalah seperti di bawah ini. Tapi karena blog anda adalah baru dan anda belum melakukan edit apapun, jadi tampilannya masih sangat mendasar. 
 
 
 
Bagaimana, sangat mudah bukan?
Jangan lupa komentarnya dan nantikan tutorial blog lainnya.....



Sumber : http://www.super-gaptek.com/2012/02/cara-membuat-blog-di-blogspot.html
0 Comments
Tweets
Komentar

Tidak ada komentar: